7 Trik Dekorasi Rumah Ramah Banjir yang Layak Coba. Nggak Repot dan Rugi Banyak Pas Bencana

7 Trik Dekorasi Rumah Ramah Banjir yang Layak Coba. Nggak Repot dan Rugi Banyak Pas Bencana

Pasca banjir surut sejak musibah melanda awal tahun kemarin, ratusan keluarga harus berusaha ekstra berbenah rumah yang nyaris porak poranda. Banyak perabot rumah tangga yang terpaksa rusak lantaran diterjang banjir.

Karena beberapa daerah Indonesia langganan bencana banjir, agaknya penting untuk memikirkan konsep rumah ramah banjir. Selain dengan nggak mendirikan bangunan di area resapan, memilih perabotan dan dekorasi yang tepat juga bisa mengurangi kerugian saat berbenah pasca kebanjiran. Berikut Omah rangkum trik dekorasi rumah ramah banjir yang bisa kamu tiru.

1. Meski yang model boks terlihat nyaman, tapi sofa model berkaki lebih aman ketika kebanjiran

Kamu harus pertimbangkan sisi efisiensi selain kenyamanan saat memilih sofa. Sofa model berkaki akan aman jika rumah kemasukan air yang nggak begitu tinggi. Selain itu, kamu juga mudah untuk membersihkan bagian kolong sofa pasca banjir surut.

2. Perabotan berbahan polywood memang murah dan variatif. Tapi memilih perabotan besi atau kayu solid bisa mengurangi kerugian pasca banjir

Kebanyakan orang memilih perabotan partikel board dan polywood dengan alasan murah dan beragam model. Tapi untuk rumah yang rawan banjir, perabotan tersebut dijamin langsung ambyar sekali kena air. Solusinya, gunakan perabotan besi atau kayu solid.

3. Pertimbangkan untuk menggunakan ranjang tingkat dan kasur busa

Sama dengan sofa model berkaki, penggunaan ranjang tingkat nggak bikin kamu repot angkat kasur saat banjir tiba-tiba datang. Selain ramah banjir, penggunaan ranjang tingkat juga bisa memberikan kesan rapi dan luas pada area kamar. Pilih ranjang rangka besi atau kayu solid yang tahan lama.

4. Untuk menyekat dan menghias ruangan, gunakan kabinet minimalis yang mudah  dibersihkan

Dengan tetap menampilkan kesan indah, gunakan kabinet rangka nan minimalis untuk penyekat ruangan. Penggunaan perabot ini bakal memudahkan saat membersihkan lantai pasca banjir, selain itu juga bisa menampilkan kesan lapang.

5. Walau kurang indah dilihat, posisikan stop kontak lebih tinggi dari pinggang. Lebih aman saat kebanjiran maupun saat anak-anak mulai belajar jalan

Umumnya stop kontak diposisikan dekat dengan lantai. Tujuannya agar mudah digunakan dan kabel yang silang melintang nggak ganggu penglihatan. Tapi kalau rumahmu rawan banjir, baiknya posisikan lebih tinggi dari pinggang. Selain aman dari potensi arus pendek saat dan pasca banjir, posisi ini juga aman dari anak-anak.

6. Lakukan pengecatan seperti rumah-rumah zaman dulu. Dinding bagian bawah cat dengan warna gelap agar mudah dibersihkan

Ramah banjir sekaligus estetis. Aplikasikan dua warna cat berbeda pada dinding rumah. Seperti kebanyakan rumah zaman dulu, sandingkan cat berwarna terang di bagian atas dengan yang berwarna gelap di bagian bawah. Langkah ini bakal mengurangi risiko noda pasca genangan banjir dan lebih mudah untuk dibersihkan.

7. Bak mandi jadi salah satu dekorasi kamar mandi yang mulai dihindari. Padahal fungsinya membantu saat banjir dan mati lampu

Rumah modern kiwari umumnya mulai menggunakan shower sebagai pengganti bak mandi. Jika rumahmu sering dikunjungi banjir, pertahankan keberadaan bak mandi tersebut. Hal ini akan membantu menampung air bersih sebagai cadangan darurat saat terjadi banjir dan mati lampu dalam waktu lama.

Beberapa trik dekorasi di atas bisa diaplikasikan pada rumah yang berada di kawasan sering banjir. Memang sih, penataan hunian yang berfokus pada lantai hari ini sangat populer dan menggoda untuk ditiru. Tapi selain kesan indah dipandang, keamanan dan kenyamanan hunian pasca bencana juga penting untuk diperhatikan lo!

Leave a Reply

Close Menu
Open chat
Contact Us